Selamat Datang di website resmi Dinas Dikpora Kab.Tuban , sebagai sarana informasi publik - berkunjunglah secara periodik untuk mendapatkan informasi secara update
Home STRATEGI KEBIJAKAN

 

STRATEGI DAN KEBIJAKAN PDF Print E-mail
Wednesday, 25 July 2012 14:41

 

STRATEGI Dinas Dikpora Kab. Tuban

Strategi dirumuskan berdasarkan analisis komprehensif terhadap kondisi layanan pendidikan yang ada saat ini dengan mempertimbangkan ketersediaan sumberdaya . Disamping itu mengacu pada strategi dalam RPJMD Kabupaten Tuban , Renstra Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan Renstra Depdiuknas , mengingat bahwa sebagian dari rencana strategis Kabupaten akan bersinergi dalam implementasinya Sebagai satu cara untuk mewujudkan tujuan dan sasaran, maka strategi yang ditetapkan Dinas Pendidikan pemuda dan Olahraga  Kabupaten Tuban terdiri atas

  1. Meningkatkan daya tampung sekolah baik sekolah negeri maupun swasta potensial.
  2. Meningkatkan fasilitas sekolah didaerah terpencil dan miskin antara lain melalui penyelenggaraan klas jauh oleh sekolah menengah / satu atap.
  3. Penyediaan subsidi pebiayaan untuk penerapan system pembelajaran paket A,B dan C yang diselenggarakan oleh pemerintah  maupun masyarakat termasuk PKBM dilingkungan pesantren.
  4. Mengurangi hambatan biaya untuk bersekolah pada daerah dengan indek kemiskinan tinggi.
  5. Pengaturan rekruitmen bagi guru non PNS sesuai dengan kebutuhan dan mengedepankan mutu.
  6. Distribusi  guru PNS  untuk pemerataan sesuai kebutuhan dan kompetensi
  7. Penempatan guru kompetensi untuk klas awal SD/MI
  8. Pemenuhan sarana praktik keahlian sekolah kejuruan yang berotrientasi pasar kerja sekaligus saraana pelatihan masyarakat.
  9. Pengembangan system pelatihan guru berbasis kebutuhan local
  10. Keterbukaan informasi melalui Pengembangan WEB Dinas Pendidikan Pemuda dan IOlahraga Kabupaten Tuban yang mengakomodir informasi pembangunan dan keluhan  serta penangnanan masalah berbasis sekolah.
  11. Pengembangan kesepakatan akuntabilitas kinerja anatara Kepala Dinas dan Kepala Bidang terkait target capaian yang disepakati.
  12. Mekanisme perencanaan dan monev pembangunan khusus untuk sector pendidikan yang mengakomodir kebutuhan sekolah dalam RKS/RKTS.

 

KEBIJAKAN Dinas Dikpora Kab. Tuban

Kebijakan yang dibangun dalam Renstra Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga  Kabupaten Tuban  mengacu pada RPJMD Kabuapten Tuban terkait secara garis besar terdpapat tiga kebijakan yang dirumuskan terkait dengan ketersediaan dan keterjangkauan atau akses dan pemerataan , mewujudkan system ,iklim dan proses pendidikan yang bermutu , mewujudkan tata kelola pendidikan yang baik  dengan rincian kebijakan sebagai berikut :

 

# Kebijakan untuk meningkatkan jangkauan dan meningkatkan pemerataan  layanan pendidikan .

Kebijakan – kebijakan untuk memperluas akses dan pemerataan pendidikan adalah sebagai berikut.

  1. Penyediaan dana pendidikan dari  APBD untuk peserta didik dari keluarga miskin atau yang berkekurangan, termasuk biaya personal.
  2. Memperluas akses pada sekolah menengah melalui prioritas pembiayaan dalam pembangunan Ruang Kelas Baru dan Unit Sekolah Baru yang berpihak pada sekolah kejuruan.
  3. Memperluas akses bagi penduduk buta aksara usia 15 tahun ke atas melalui jalur pendidikan non formal.
  4. Perbaikan rasio peserta didik SMA: SMK

 

·        # Kebijakan untuk mewujudkan sistim, iklim dan proses pendidikan yang bermutu.

Kebijakan peningkatan mutu pendidikan diarahkan pada terpenuhinya Standar Pelayanan Minimal (SPM) sebagai tahapan menuju Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang mencakup 8 standar pendidikan

  1. Merumuskan regulasi rekrutmen  guru non PNS yang berorientasi pada mutu. Dinas pendidikan melakukan tes penjaminan mutu dan guru diangkat melalui SK Kepala Sekolah masing-masing.
  2. Pengaturan distribusi guru PNS sesuai dengan kebutuhan dan kompetensi dengan reward bagi guru.

 

·        # Penguatan  tata kelola pendidikan yang partisipatif, transparan dan akuntabel/amanah.

Kebijakan untuk penguatan manajemen dan tatalayanan pendidikan adalah sebagai berikut.

  1. Penguatan kapasitas dalam menyusun kebijakan, rencana strategis dan operasional, sistem informasi dan sistem pembiayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan
  2. Mendorong otonomi satuan pendidikan melalui penerapan dan pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah
  3. Penerapan Teknologi, Informasi dan Komunikasi  untuk merealisasikan manajemen pendidikan yang transparan dan akuntabel,  mempermudah akses masyarakat pada informasi pendidikan
  4. Kesepakatan akuntabilitas kinerja antara Bupati dengan Kepala Dinas Pendidikan, serta Kepala Dinas dengan Kepala Bidang
Last Updated on Saturday, 20 October 2012 07:40
 
© 2012 www.dikpora.tubankab.go.id | by loud_v ~ ing ngarso sung tulodho, ing madya mangun karsa | Tutwuri Handayani ~